728x90 AdSpace

­
Latest News
Sabtu, 08 Februari 2014

BANYUALIT ( Blambangan ) ,BANJIR DARAH YANG TERLUPAKAN.



Dalam buku Perebutan Hegemoni Blambangan DR .Sri Margana menulis:
•    Penyerahan kawasan ini ( Java Ooesthoek yaitu Malang ,Probolinggo , Pasuruan , Blambangan , berdasarkan  klaim teritorial kuno Mataram , yang sebenarnya   jauh dari realitas politik aktual. (  41)
•    Banyualit banjir darah pada 31 Maret  1768

Penyerahan Java Oosthoek  dari Pakubuwana II ke VOC
Sultan Pakubuwana II ,baru berumur 15 tahun ketika diangkat menjadi Sultan Mataram( 1726 -1749) . Dia adalah putra Amangkurat III, menggantikan Amangkurat IV ( 1719 -1726). Karena masih muda dan kurang mampu dalam pemerintahan , Mataram terus  dilanda perebutan kekuasaan . Malahan pada tahun 1742 , pemberontak berhasil merebut ibukota Mataram Kartasura .Kartasura dalam keadaan hancur  luluh lantak , dan Pakubuwana II, kemudian diasingkan . Untuk merebut kembali tahtanya Pakubuwana meminta bantuan VOC dan VOC menyodorkan sebuah perjanjian yang sangat memberatkan Mataram , yaitu menggadaikan kedaulatan Mataram kepada VOC , selama Mataram belum mampu melunasi hutang biaya perang.   Pada tahun 1743 VOC dapat menumpas pemberontak dan mendudukan kembali Pakubuwana II sebagai Sultan Mataram. Untuk melunasi hutang hutang biaya perang itulah Pakubuwana II antara lain menyerahkan Java Ooosthoek (Pasuruan , Malang, Probolinggo, Blambangan ).
DR. Sri Margana menyebut  penyerahan kawasan ini ,  berdasarkan klaim teritorial kuno Mataram , yang sebenarnya jauh dari realitas politik aktual.(Perebutan Hegemoni Blambangan  41)  Karena pada saat itu Pasruan, Malang , Probolinggo masih dikuasai oleh keturunan Untung Suropati yang tidak pernah tunduk pada kekuasaan Mataram demikian juaga Blambangan tidak pernah ditundukan oleh Mataram dan malahan  pada 1736 sampai dengan 1762 mengalami masa Kertayoga , dalam keadaan aman  makmur tentrem , kertaraharja.  ( Drs I Made Sudjana M A. Nagari Tawon Madu 35. Maka menarik untuk mengetahui sejarah Kesultanan Mataram
Kesultanan Mataram sampai Pakubuwana II
Kesultanan Mataram berasal dari suatu daerah  Kesultanan Pajang  yang disebut Bumi Mentaok  yang dihadiahkan Sultan Pajang Hadiwijaya kepada   Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Pemanahan atas jasanya dalam perang mengalahkan Arya Penangsang.Tahun 1584  ketika Ki Ageng Pemanahan meninggal . Sultan Pajang mengangkat putra Ki Ageng Pemanahan , Sutawijaya  yang juga putra angkatnya sebagai adipati dengan gelar “Senapati Ing Ngalaga.
Tahun 1587 , Sutawijaya memberontak pada Sultan Hadiwijaya. Ketika pasukan Pajang akan menggempur Sutawijaya , pasukan Sultan Hadiwijaya dihadang letusan gunung Merapi. Sutawijaya selamat.Sejak itu Bumi Mentaok memisahkan diri dari kesultanan Pajang , dan mendirikan kerajaan Mataram.Meskipun sebagian besar para Wali Sanga  menolak berdirinya kerajaan Mataram , berkat persetujuan Sunan Giri , kesultanan Mataram bisa berdiri.  (DR.Purwadi  Da’wah Wali Sanga) .Sutawijaya kemudian bergelar “ Senapati Ingalaga Sayidin Panatagama” atau lebih dikenal Panembahan Senopati.  Tahun 1601, Panembahan Senopati wafat, kemudian digantikan  Panembahan Hanyakrawati.  Tahun 1613, Panembahan Hanyakrawati wafat digantikan putranya Pangeran Haryo Martopuro. Karena sering sakit kemudian digantikan oleh kakaknya R.Mas Rangsang. Pada tahun 1625 , Mas Rangsang menginvasi ( mengirim ) expedisi militer ke Jawa Timur , melibatkan 30 ribu prajurit. Sultan mampu menguasai sebagian besar Jawa Timur dan Madura, tetapi tidak  menaklukan kedaton Giri . Penyerbuan ke Blambangan juga kurang berhasil meskipun , Sultan Agung membawa 5000 penduduk Blambangan ke Mataram. Orang Blambangan yang dikenal sakti ( digdaya ) dijadikan percobaan senjata . Apabila senjata itu dapat melukai wong Blambangan , maka senjata itu lulus sebagai senjata sakti . Wong Blambangan juga menjadi umpan  dalam penyerangan ke Batavia pada tahun 1628 – 1629 .
Bahwa Blambangan belum dikuasai Sultan Agung , sesuai dengan pernyataan Sultan Agung yang dikutip Sir Stanford Raffless .
Thomas  Stanford Raffles mengutip pernyataan Sultan Agung bahwa , masih ada dua kerajaan yang paling berbahaya belum terkalahkan yaitu Sumedang dan Blambangan..    Thomas Stanford Rafless  Hystori of Java  509
Peta kekuasaan Sultan Agung dari Wikipedia .
Setelah menaklukan sebagian Jawa Timur dan Madura , R. Mas Rangsang menggunakan gelar “Sultan Agung Senapati Ingalaga Abdurachman.
Setelah menguasai sebagaian Jawa Timur dan Madura, Sultan Agung  berkoalisi dengan Kesultanan Cirebon dan Banten menyerbu VOC di Batavia. Sayang penyerbuan  mengalami kegagalan. Tetapi Mataram tetap kokoh berdiri , dan Sultan Agung meneruskan perlawanannya kepada VOC. Pada tahun 1636 sampai dengan 1640 , Sultan Agung sekali lagi menyerang Jawa Timur dan Blambangan . Penyerangan ini menurut DR .Sri Margana lebih menyerupai perampokan daripada pendudukan ( Perebutan Hegemoni Blambangan .40).  Tahun1646 Sultan Agung wafat dengan penuh kewibawaan dan digantikan putranya , dan bergelar Amangkurat I.( 1646 sd 1677).                     Berbeda dengan Sultan Agung , putra yang menggantikannya , dikenal sebagai raja TIRAN ( DR. Sri Margana . PHB 37  dan Trilogi Genduk DUKU JB . Mangunwijaya) sehingga  banyak penguasa bawahannya yang bangkit melawan raja Tiran ini.Salah satu pemberontakan yang terkenal dipimpin  Trunojoyo.  Walaupun Amangkurat I meminta bantuan VOC , namun Trunojoyo dapat menguasai keraton Mataram dan memaksa Amangkurat mengungsi dan mati di Tegalarum (1677).Sejak Amangkurat I , Mataram selalu dirundung perebutan kekuasaan yang tidak pernah berhenti .
Sebagai pengganti  diangkat  putranya sebagai Amangkurat II, karena dalam pengasingan maka kekuasaan dipegang Pangeran Puger. Pangeran Puger mulai memerintah dengan gelar Susuhunan Ing Ngalaga . Tetapi Amangkurat II( 1680 – 1703) dengan bantuan VOC menurunkan Pangeran Puger. Bantuan VOC ini menurut WS Rendra dalam satu diskusi yang digagas REPUBLIKA , harus dibayar mahal, yaitu menyerahkan kewenangan maritim pantai utara Jawa ke VOC, maka sejak itulah kekuatan Maritim Jawa hancur . Disisi lain  ketidak puasan di internal juga tidak bisa diatasi dan pemberontakan tetap berlangsung.. Ketika Amangkurat II wafat dan kekuasaan diserahkan pada putranya Amangkurat III (1703).Sekali lagi Pangeran  Puger / Mas Drajat melakukan pemberontakan . Kali ini VOC mendukung Pangeran Puger sehingga dapat merebut tahta dari Amangkurat III , dan  Amangkurat III  melarikan diri ke Jawa Timur berlindung pada Adipati Untung . Pada tahun 1704  dengan bantuan VOC Pangeran Puger , diangkat sebagai Paku Buwono I  dan memburu  Amangkurat III di Jawa Timur.. Tahun 1708 , Sultan Amangkurat III ditangkap , dan dibuang ke Ceylon.  Pada tahun 1719 Pakubuwono I meninggal dan digantikan putranya dengan gelar Amangkurat IV. Putra Amangkurat III, melakukan pemberontakan .Dan dapat merebut tahta , kemudian naik tahta dengan gelar Pakubuwana II.( 1723).Pada masa Pakubuwana II, pemberontakan muncul kembali malah pemberontak dapat memakzulkan Pakubuwana II . Pakubuwana II kemudian meminta bantuan VOC , dan VOC menekan dengan perjanjian yang sangat berat ( menggadaikan kedaulatan Mataram pada VOC  selama belum melunasi hutang biaya perang ).
Pada 1743. Ibukota Kartasura dapat direbut dari tangan pemberontak dalam   keadaan luluh lantak .Karena itulah kemudian Pakubuwana II menyerahkan Java Oosthoek ( Pasuruan , Malang, Probolinggo, dan sebagian Lumajang) pada VOC. Dan
Masa penyerahan Java Oosthoek  sampai dengan Perjanjian Salatiga.
Setelah penyerahan Java Oosthoek ,  ternyata tidak serta merta membuat VOC mampu merebut daerah tersebut ,karena kuatnya kedudukan keturunan Untung Suropati  di Pasuruan , Malang , Probolinggo . Di pihak lain  Blambangan malah membangun hubungan dengan Inggris.
Disamping itu ternyata VOC tidak mampu membuat Mataram reda dari perebutan kekuasaan, walaupun VOC mengendalikan seluruh kekuasaan Mataram. Raja Mataram diangkat dan digaji oleh VOC. Kekacauan politik  , terus berlangsung . Setelah pengangkatan kembali  Pakubuwana II  oleh VOC ,P.Mangkubumi memberontak kembali  dan berlangsung selama 10 tahun sampai masa  Pakubuwanna III . Kemudian ditanda tangani  Perjanjian Giyanti pada tgl 13 Februari 1755 dan  Mataram terbelah menjadi dua yaitu  Kasunanan Surakarta. Dan Kesultanan Ngayogjakarta. Pangeran Mangkubumi menjadi Sultan Ngayogjakarta bergelar  Sultan Hamengkubuwono I Setiap penyelesaian peperangan , selalu mempertajam kuku kekuasaan VOC menancap tajam .Tetapi pada tahun 1757, perpecahan kembali terjadi antara R. Mas Said ( Pangeran Sambernyawa ) dengan Pakubuwono III, VOC, dan Hamengkubuwono I. Akhirnya ditanda tangani perjanjian Salatiga  , Mataram dipecah lagi . R.Mas Said diangkat sebagai penguasa atas sebuah kepangeranan , Praja Mangkunegaran yang terlepas dari Surakarta .
Dengan demikian ,menjadi jelas pernyataan DR. Sri Margana , bahwa Mataram tidak pernah  menguasai Malang , Probolinggo , Blambangan
Pertahanan yang kuat keturunan Untung Suropati dan Blambangan.
Setelah perjanjian Salatiga 1757,  VOC mendapat dana yang cukup besar dari Mataram , persiapan menggempur Java Oostoek dimulai Ternyata persiapan penyerangan pada Java Oostoek tidaklah mudah, karena  VOC memerlukan kekuatan tempur yang sangat besar untuk menghadapi kekuatan keturunan Untung Suropati dan Blambangan yang sangat kuat.
Keturunan Untung Suropati tentu sangat menyesalkan penyerahan Java Oosthoek oleh Pakubuwana II kepada Belanda, karena ayahanda Amangkurat III , ditolong dan dilindungi oleh Suropati. Ibarat kebaikan dibalas dengan penghianatan. Karena itu keturunan Untung Suropati segera memperkuat diri.
Sementara itu  Blambangan memanfaatkan meningkatkan hubungan dengan Inggris , karena Inggris telah  terusir dari Banten ( 1600) , Jakarta, Banda (1625)maka hubungan  Blambangan dengan  Inggris sejak tahun 1600 , telah maju dengan pesat.Dan Inggris mulai menjadikan Blambangan sebagai pijakan untuk menguasai Sumatera dan Borneo.( Stanford Raffless , History of Java.140).Karena Inggris telah memiliki hubungan yang sangat baik dengan Blambangan  sejak tahun 1600, maka Inggris  hanya membutuhkan pijakan di Sumatera. Semula Inggris ,berkeinginan mengikat perjanjian dengan Sultanah Aceh Zaqiyat ud din Inayat Shah, tetapi Sultanah menolak. Kemudian Inggris menghubungi kedatuan Baros dan Pariaman. Baros dan Pariaman dapat menerima tawaran tersebut , karena  VOC yang dikenal ganas  juga mulai melirik  Pariaman.Tetapi dua hari menjelang keberangkatan armada Inggris ke Pariaman , Kedatuan Bengkulu juga mengirimkan utusan ke Inggris  ,meminta Inggris dapat melindungi Bengkulu dari  penjajahan VOC . ( Untuk diingat kalau VOC  menekankan kekuasaan, sedang EIC ( Inggris) menekankan hubungan dagang. Maka Inggrispun membangun pijakan di Bengkulu. ( Alaan Harfield (1995): Bencolen : A history of the Honourable East India Company’s , Garrison  on the west coast Sumatra ( 1685 -1825). Pada tahun 1685  utusan Inggris  disambut Orang kaya Lela, dan Patih Setia raja Muda. Hubungan dagang kemudian dilanjutkan pembangunan  Garrison ( kompleks Militer)  berupa benteng , yaitu benteng Malborough dan juga membangun faktory.  ( Firdaus Burhan (1988) Bengkulu  Dalam Sejarah ).
Berita  VOC tentang  Blambangan penuh kebohongan,
Hubungan  antara VOC dengan Blambangan rupanya sejak awal telah menimbulkan ketidak senangan VOC. Kapal VOC yang singgah di Panarukan pada tanggal  17 Januari 1959 , dan berada disana selama tiga bulan tidak mendapatkan apapun.  Karena perlakuan itu kemudian VOC mengarang cerita , bahwa Blambangan dikepung pasukan Pasuruan.Dan karena itu Blambangan minta bantuan kepada Gel Gel , dan Gel Gel mengirim pasukan 20.OOO  ke Panarukan. ( Jarig Cornellis Molema , De eerste schipvart der Hollanders naar Oost Indie 1595 1597 via DR. Sri Margana , Perebutan Hegemoni Blambangn 162).Padahal berdasar sejarah Kerajaan Gel Gel , masa jaya Gel Gel dibawah  Watu renggong telah berakhir pada tahun 1550.Dan setelah itu Gel Gel merosot dan methamorphosis menjadi Klungkung. Dan Gel Gel bukanlah kerajaan Maritim . Perahu Bali pada saat itu hanya mampu memuat maximal 15 orang. Jadi tidak mungkin Gel Gel mengirim 1500 kapal , untuk tentara dan logistik. Hal ini juga tidak dipercaya oleh Drs I Made Sudjana  Nagari Tawon Madu 27).
Tetapi rupanya laporan resmi tersebut rupanya perlu ditambah fitnah yang lebih besar lagi oleh seorang  anggota armada pertama Belanda  ( Frank der does ) menulis dalam Journal 2 April 1595 sd 13 Juni 1597  dia diberitahu  oleh seorang bangsawan Blambangan bahwa bupati Pasuruan melamar putri raja Blambangan ( pada saat itu Thomas Cavendish  berada di Blambangan ) . Sang raja menerima lamaran tersebut namun setelah malam pertama ,sang putri Blambangan dibunuh oleh suaminya . Pembunuhan itu terjadi karena sang putri tidak mau masuk Islam . Berita ini juga tidak berdasar karena Thomas cavendish  ( Thomas Candish menurut I Made Sudjana MA) yang berada di Blambangan tidak pernah menulis kejadian tersebut.Menurut I Made Sudjana , Thomas Candish , penjelajah Inggris  membawa kapal dagang Preety dan Wilhems singgah di Blambangan,   selama dua minggu tinggal di Blambangan, membeli logistik , kemudian berlayar melanjutkan perjalanan ke timur.  (Drs I.Made Sudajana . Nagari Tawon Madu23)
Juga ketika VOC mengirim utusan Jeremias van Vliet menghadap susuhunan Tawangalun pada tahun 1690, untuk menjalin hubungan dengan VOC untuk membendung pengaruh Inggris yang semakin kuat ,  permintaan hubungan ini tidak ada kelanjutannya . Maka  VOC memutar balikkan fakta bahwa selat Bali rusuh dan penuh kekacauan  (Drs I Made Sudjana  Nagari Tawon Madu 62). Ternyata pernyataan itu harus ditafsirkan bahwa Ulu Pampang telah menjadi tempat yang paling sering dikunjungi kapal kapal Inggris untuk melanjutkan perjalanannya ke Timur menuju Pasir dan Banjarmasin ( Borneo)( I Made Sudjana M A , Nagari tawon Madu 60) dan tempat berkumpul pedagang Nusantara bagian Timur untuk meneruskan hubungan dagang dengan kerajaan Melayu , China  dan India.
Mereka memilih lewat lautan Hindia dan menjadikan Ulu Pampang sebagai pelabuhan persinggahan. Maka Ulupampang menjadi pelabuhan yang ramai karena menjadi  pertemuan pedagang Nusantara dan Inggris . Ini terbukti  sejak awal tahun 1600an Ulupampang mampu mengekspor , sarang burung walet seharga f 4000 , bahan lilin 10 pikul , dan beras 600 ton setiap tahun.  ( Drs I.Made Sudjana MA .Nagari Tawon Madu  22) .
Pantaslah hal itu   telah merobah  motivasi Inggris, kalau awalnya hanya sebagai tempat persinggahan maka pada tahun 1760 , Ulu Pampang /Blambangan mulai dilirik sebagai tempat berpijak. Pada tahun 1765 , konsul EIC merekomendasikan beberapa pelabuhan yang cukup tepat untuk  pendirian perwakilan perdagangan EIC , termasuk di Blambangan( DR. Sri Margana Perebutan Hegemoni Blambangan 49). Setelah itu yaitu tahun 1766 ,kehadiran kapal  Inggris semakin sering . Sebelumnya hanya sekitar 6 bulan sekali , maka mulai tahun 1766 hampir setiap bulan , bahkan kadang kadang dua kali setiap bulan , ( Drs I Made Sudjana  MA. Negara Tawon Madu 61) . Dan  pada bulan Agustus 1766 tiga kapal besar Inggris  diikuti lima kapal belas chialoup, dan dua puluh lima pecalang dan seratus kapal yang lebih kecil , membawa pelaut bugis dan Madura tiba di Blambangan di bawah komando Edward Coles ( DR. Sri Margana Perebutan Hegemoni Blambangan 49).  Tidak dijelaskan apa yang dilakukan oleh armada yang sangat besar ini. Tetapi Thomas Stanford Raffless menjelaskan bahwa setelah itu ,seorang berkebangsaan Inggris ,  Mr.Yesse ,mulai membangun pemukiman di Blambangan . Pemukiman itu dinilai   sangat tepat. Demikian baiknya tempat itu sehingga tempat tersebut disamakan kedudukannya dengan Pinang di Malaya.(Thomas Stanford Raffless History of Java 144).Dukungan dari pemerintah Blambangan juga sangat membantu.Selain itu , Stanford Raffless,juga memuji keberhasilan pemerintahan Blambangan . Thomas Stanford Raffless menyesalkan kegagalan pembangunan pemukiman itu, dan mengemukakan analisa bahwa kegagalan pembangunan tersebut karena pemukiman tersebut semata mata disebabkan dikhususkan untuk militer, tanpa ada pedagang profesional atau pedagang petualang yang disertakan di pemukiman tersebut. (Ho J.148)
Strategy Tumpes Kelor/Membunuh musuh sampai habis
Pembangunan pemukiman militer inilah yang memacu penyerbuan VOC ke Java Ooosthoek.Karena dengan demikian Inggris telah memiliki dua Garisson ( Kompleks Militer), satu di Bengkulu , benteng Malborough dan satu lagi di Blambangan ( diduga Inggrisan). Maka  pada tahun 1767 setelah mendapat kepastian bantuan dari Mataram, Madura ( Panembahan Cakraningrat IV),Surabaya,  maka  dibangunlah expedisi yang sangat besar untuk menggempur  keturunan Untung Suropati dan  Blambangan .
Dalam menggempur Untung Suropati , Belanda mengadopsi Strategy  Tumpes Kelor dari Mataram , yaitu membunuh habis sampai keakar akarnya seluruh keturunan Untung Suropati (  Margana 98). Rupanya pola pikiran inilah yang berlanjut dalam penyerbuan ke Blambangan.
Setelah VOC menggempur lebih dahulu keturunan Untung Suropati dan melakukan Tumpes Kelor ( membunuh sampai habis), kemudian VOC dan sekutunya melanjutkan menyerang  Blambangan. Penyerbuan ini dipimpin dipimpin Erdwiyn Blanke terdiri atas 25 buah kapal besar dan puluhan kapal kecil , yang memuat 335 serdadu Eropa, dan 3000 laskar madura, mataram, Pasuruan, menggempur Panarukan pada tanggal 27 Pebruari 1767. Setelah Panarukan bumi hangus armada Erdwiyn Blanke melaju ke Banyualit  Pemilihan Banyualit ( sekarang Blimbingasari) karena pantai ini berada di tengah kekuatan Blambangan , yaitu Toyo Arum , Kota Lateng dan Ulupampang. Banyualit menjadi ajang pertempuran armada Blambangan dilaut maupun didarat.  Blambangan kalah dalam technology dan strategy , sehingga Banyualit banjir darah. Dan jatuh ketangan VOC pada 31Maret 1767( NTM63).
VOC sekali lagi menyusun berita kebohongan yang luar biasa .
Berdasar  Surat Resmi Kapten Blanke pada Gubernur Johannes VOS 31 Maret 1767 folio 131 136  via Perebutan Hegemoni Blambangan . DR . Sri margana 64).Menyatakan bahwa di Banyualit , VOC tidak mengalami perlawanan sama sekali.  Karena orang Blambangan telah muak dengan Bali ,dan kedatangan VOC digunakan oleh orang Blambangan berontak pada orang Bali. Ketika VOC memasuki kota, mereka melihat pemandangan yang mengerikan. Terjadi pembantaian besar besaran terhadap orang Bali . Kepala manusia tersebar dimana mana, sebagian besar orang Bali. Tetapi rupanya pasukan Belanda tidak puas , dan memburu orang Bali  yang masih bersembunyi di hutan Belantara.
Adakah fakta 2 yang mendukung orang Bali menguasai Blambangan .
Pernyataan Blanke  bahwa Blambangan dikuasai orang 2 Bali tidak memiliki fakta fakta yang kuat  . Berdasarkan penelitian bahwa terhadap kerajaan Mengwi dan Buleleng didapat fakta sebagai berikut;
•    Kerajaan Mengwi mengalami   masa Jaya  ketika I Gusti Agung Ngurah Made Agung 1627 sd 1650.Pada masa ini adalah masa Tawangalun I , pelabuhan Ulu Pampang berkembang dengan cepat , kemudian mengantarkan ke masa jaya Tawangalun II. Setelah I Gusti Agung Ngurah Made Agung , Mengwipun menurun.( Sejarah kerajaan Mengwi), yang memungkinkan Buleleng berdiri pada tahun 1660.
•    Kerajaan  Buleleng mengalami masa Jaya pada I Gusti Ngurah Panji Sakti (1660 sd 1697) dalam babad Buleleng diceritakan mengusai Blambangan.( juga Soegianto Sastrodiwiryo : I Gusti Panji Sakti Raja Buleleng 15991680. Kayu Mas Agung 1995).Padahal pada masa ini Blambangan berada pada masa jaya dibawah Tawangalun II.Masa yang berdasarkan hasil penelitian DR. Sri Margana adalah masa jaya kerajaan Blambangan.Setelah masa itu Buleleng itu menurun malah dikuasai Mengwi .
Dari fakta itu jelas VOC telah melakukan kebohongan sejarah . Mengwi maupun Buleleng sudah tidak memiliki kekuatan apapun pada tahun 1767, malahan mereka saling bertempur satu dengan yang lain. Buleleng dan Mengwi adalah kerajaan agrarish, yang tidak memiliki kekuatan maritim. Mengwi dekat Denpasar, maupun Buleleng dekat Singaraja  sangat tidak mungkin mengerahkan armada laut, dengan kapal yang hanya bermuatan 15 orang perkapal, mengarungi arus Samudra Hindia yang ganas.
Dengan demikian , sebenarnya Kapten Blanke dengan satuan armada yang sangat besar, telah melakukan pembantaian terhadap prajurit Blambangan. Surat yang dibuatnya hanyalah  cuci tangan dan mengadu domba orang Blambangan dengan orang Bali.
Dan apa gunanya kalo VOC mendapat dukungan rakyat Blambangan , VOC membangun benteng di Banyualit
Pendirian Benteng  dan banjir darah  ke dua di Banyualit.
Untuk mempertahankan kedudukannya di Blambangan , VOC membangun benteng di Banyualit .Pembangunan benteng ini menambah kesengsaraan rakyat Blambangan . Ribuan penduduk Blambangan dipekerjakan untuk secepatnya menyelesaikan Benteng tersebut tanpa mendapat upah , dan makan . Setelah itu VOC juga membangun benteng di Ulu Pampang.  Penderitaan rakyat Blambangan tak terkirakan . Para petinggi Blambangan diwajibkan menyerahkan dua ekor kerbau, dan menyerahkan uang sebesar 3.5 gulden . ( I Made Sudjana MA . Nagari Tawon Madu .67 )
Benteng ini cukup besar , dalam kondisi yang sangat kritis Van Rijcke menggambarkan bahwa Benteng Banyualit didapat 78  sakit, 59 meninggal. Untuk mempertahankan benteng  Van Rijcke dibutuhkan  bantuan pasukan setidaknya 100 orang Eropa, dan 2000 prajurit pribumi  juga dibutuhkan dua meriam yang baik, dan 20 koyang beras dan daging sapi untuk orang orang yang sakit , lebih banyak tepung dan spek (asinan daging babi ) bagi mereka yang sehat dan juga uang tunai.  ( Kondisi tentara Kompeni di Banyualit ,folio 30 VOC 3248 Surat dinas dari Gubernur Johannes Vos pada gubernur Jendral Petrus Albertus van der Parra  21 Maret 1768 , via DR . Sri Margana Perebutan Hegemoni Blambangan 127).
Dengan melihat kondisi Benteng Banyualit , dapat diduga Benteng ini hampir sebesar benteng Malborough yang dibangun Inggris di Bengkulu.Yaitu benteng Inggris kedua yang terbesar di Asia.
Disisi lain perjoangan yang  dipimpin Wong Agung Wilis mendapat dukungan yang besar dari rakyat dan para bangsawan Blambangan pedagang Bugis, Melayu, Bali , Lombok , China . Maka pada  Maret 1768  ,setahun setelah VOC menduduki Banyualit dan Ulupampang  pasukan Wong Agung Wilis bangkit dan menyerbu benteng  Banyualit .  Sekali lagi Banyualit menjadi daerah pertempuran dahsyat .  Menghadapi serangan Wong Agung Wilis yang amat dahsyat  VOC mendatangkan bantuan dari Surabaya. Bantuan dipimpin A.Groen  membawa 13 kapal yang memuat 302 orang serdadu Eropa, 1000 orang laskar Madura, 400 orang dari Surabaya, 1700 laskar Lumajang. Benar pasukan Blambangan  kalah dan Wong Agung Wilis tertangkap , kemudian dibuang ke Banda pada tanggal 6 September 1768. ( NTm 68).Ternyata Wong Agung Wilis dapat melepaskan diri dari Banda dan memimpin perlawanan dari Bali. Dan  semangat pertempuran Banyualit tidak pernah padam dihati  rakyat Blambangan dan  menghilhami pemberontakan P.Rempeg Jagapati , yang terkenal dengan PUPUTAN Bayu.
Banyualit digantikan Blimbingsari.
Rakyat Banyuwangi saat ini hanya mengenal Blimbingsari .  Bekas benteng VOC yang memakan ribuan  pekerja rakyat Blambangan pun hilang dari bumi , begitu juga  sejarah pertempurannya, yang menyebabkan banjir darah telah terlupakan.
Belanda begitu rapi menghapus jejaknya. Tetapi cerita kepahlawanan tidak pernah luntur dari ingatan leluhur . Walaupun jejak benteng telah dihapuskan , catatan sejarah diputar balikkan, tetapi secara pasti leluhur Blambangan masih mampu mewariskan . Seperti dikatakan Leonardo  Da Vinci , pelukis , filsafat, budayawan , scienties besar mengucapkan; Fakta sejarah tak akan pernah mati walau diabaikan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: BANYUALIT ( Blambangan ) ,BANJIR DARAH YANG TERLUPAKAN. Rating: 5 Reviewed By: Unknown